Laporan Praktikum Biologi Proses Pengamatan Transpor pada Tumbuhan Pacar Air SMAN 1 Porong


LAPORAN PRAKTIKUM BIOLOGI 

"PROSES PENGAMATAN TRANSPOR PADA 

TUMBUHAN PACAR AIR"

SMAN 1 PORONG - XI MIIA

Tujuan
Mengamati transpor pada tumbuhan pacar air

Dasar teori
Transportasi pada tumbuhan melibatkan jaringan-jaringan pengangkut, seperti xylem dan floem. Jika seandainya jaringan pengangkut xylem dan floem tidak ada pada tumbuhan, maka dapat dipastikan transportasi pada tumbuhan tidak akan terjadi. Pertama sekali, jaringan xylem memiliki dua fungsi dalam tanaman. Fungsi pertama adalah untuk mengangkut air dan juga mineral-mineral dari dalam tanah ke batang dan juga daun-daun. Fungsi kedua xylem adalah untuk menyangga tanaman itu sendiri sehingga ia tidak mudah jatuh atau roboh.
            Jaringan kedua yang berperan penting dalam proses pengangkutan dalam tanaman ialah floem. Floem mengangkut gula sukrosa dan juga asam amino dari organ-organ tumbuhan yang berwarna hijau, terutama sekali daun, ke bagian-bagian lain dalam tumbuhan. Berbeda dari xylem, floem memiliki sel-sel yang bernama sieve tube sel, dan transportasi gula sukrosa dan asam amino dapat dilakukan melalui difusi dan juga aktif transport dari sel ke sel dalam floem. Oleh karena itu, makanan-makanan ini dapat menjangkau organ-organ tanaman dalam waktu yang sangat singkat agar mereka bisa melakukan respirasi dan berkembang.
 Pengangkutan air pada tumbuhan meliputi 2 cara yaitu pengangkutan air dan garam mineral diluar pembuluh xilem (ekstravaskuler) dan pengangkutan air melalui pembuluh xilem (intravaskuler).
http://shintadewir.blogspot.com/2013/11/laporan-praktikum-kontraksi-otot_2825.html?m=1


Alat dan Bahan
1.     Tumbuhan pacar air
2.     Silet
3.     Cairan eosin
4.     Kaca benda dan kaca penutup
5.     Mikroskop

Langkah kerja

11. Menyiapkan alat dan bahan.
22. Potong batang tanaman pacar air.
33. Masukkan batang tanaman pacar air ke dalaman larutan eosin.
44. Buat preparet irisan melintang pada batang tanaman pacar air.
55. Mengamati preparet dan mengidentifikasi bagian-bagiannya (epidermis,korteks,floem,kambium).
  6. Menggambar hasil pengamatan
  7. Menyusun laporan


Data pengamatan 




Analisis data
Air merupakan salah satu faktor penentu bagi berlangsungnya kehidupan tumbuhan. Air didalam tubuh tumbuhan selalu mengalami fluktuasi. Untuk memenuhi kebutuhan terhadap air inilah pentingnya kerja dari berkas pengangkut yaitu xylem. Berkas pengangkut xilem terdapat pada bagian paling dekat dengan empulur sedangkan floem pada bagian kulit batang. Air dari lingkungan akan diserap dan bergerak melalui pipa-pipa memanjang di dalam jaringan vaskuler xylem. Daya kering udara menyebabkan terjadinya transpirasi yaitu evaporasi air keudara bebas. Transpirasi menyebabkan air dalam xylem mengalami tegangan sehingga ketika air berevaporasi meninggalkan tubuh tumbuhan, tegangan air pada xylem memungkinkan molekul-molekul air ini untuk bergerak keatas menggantikan molekul air yang hilang. Hal ini terus terjadi secara berkesinambungan untuk kelangsungan hidup tanaman.

Kesimpulan
Berdasarkan hasil pengamatan, bahwa air dan zat-zat yang terlarut dalam air diangkut oleh  tumbuhan melalui xilem. Dan pada tumbuhan terdapat ada dua macam pembuluh , yaitu pembuluh kulit kayu atau disebut juga pembuluh tapis (floem) dan pembuluh kayu (xilem). Fungsi jaringan pembuluh adalah Transport air dan materi organik ke seluruh bagian tumbuhan dan Melakukan transport jarak jauh antara akar dan taruk.
Transportasi tersebut dapat berlangsung melaui Proses pengangkutan transportasi ekstravaskuler dan transportasi intravaskuler. Transportasi ekstravaskuler sebagai berikut, air bergerak secara horizontal yaitu dari pemukaan akar menuju ke sel epidermis (rambut akar) kemudian bergerak diantara sel-sel korteks. Untuk sampai ke stele air harus melewati sitoplasma sel-sel endodermis. Sedangkan intravaskuler merupakan pengangkutan air dan garam mineral dari akar menuju bagian atas tumbuhan (daun ) melalui xilem. Urutannya Xilem akar, xilem batang, xilem tangkai daun, xilem tulang daun. Selanjutnya dari xilem tulang daun masuk ke sel-sel mesofil daun untuk di gunakan dalam fotosintesis.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN PRAKTIKUM KIMIA SEL ELEKTROLISIS CuSO4, Na2SO4, KI

Laporan praktikum Fisika Hubungan antara cepat rambat gelombang dengan tegangan tali

LAPORAN PRAKTIKUM BIOLOGI PENGAMATAN KONTRAKSI PADA OTOT KATAK