Pengalaman Ujian Masuk Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah Surabaya

Hello fellow Readers...

Udah lama ngga posting blog. Maafkan T~T, Karena akhir-akhir ini aku sibuk ngurusin pendaftaran kuliah. Emang harus aku akuin, buat pengen masuk kedokteran itu butuh perjuangan yang sangat maksimal. Sepintar-pintarnya diri kalian kalau gak berjuangan masuk ke FK, jangan harap buat ketrima FK. Yah,, at least walaupun itu juga tergantung dari hoki masing-masing. Tapi percaya deh, rezeki itu ga akan kemana-kemana kalau kalian usaha semaksimal mungkin. Nah,, niih aku berbagi pengalaman aja gimana sih buat bisa lolos ke fakultas kedokteran manapun, entah itu Perguruan Tinggi Negeri/Swasta...

Cita-citaku dari dulu emang udah berniat ingin jadi dokter. Mengapa ?
Pertama, Orang Tua semakin lama semakin menua, dan diumur sekian pasti banyak penyakit komplikasi. Aku ingin mengurus beliau seperti mereka mengurus diriku hingga saat ini.
Kedua, Aku ingin sekali menggali ilmu-ilmu tentang kedokteran ataupun kesehatan agar aku dapat menolong masyarakat sekitar yang membutuhkan terutama daerah pedalaman. 

Usaha apasih untuk bisa masuk kedokteran ?
Yang pasti pertama kalian harus punyak niat dan tekad. Jika kalian emang berniat kalau seandainya tidak bisa masuk kedokteran tahun ini, kalian harus siap dan punya planning untuk mengikuti tesnya tahun depan. Masuk kedokteran ga segampang yang kalian kira. Banyak sekali orang bilang buat masuk kedokteran modal harus besar. Emang iyasih, soalnya untuk tes kedokteran kalian harus punyak cadangan Universitas dulu. mengapa ? karena mengikuti tes masukknya aja udah susahnya minta ampun. Minimal kalian harus mengikuti bimbel khusus masuk kedokteran, dan di sekolah harus berupaya fokus belajar ya kawan. Ingat di sekolah jangan kejar nilai tapi kejar ilmunya, nanti nilai yang akan mengimbangi. Terus, terutama untuk kelas 11 dan 12 nih, kalian harus nyicil soal-soal tes masuk perguruan tinggi. 
Nah, disini pengalamanku yang bisa diambil hikmahnya ya :"D
Hallo, aku mahasiswa dari Universitas Hang Tuah Surabaya Fakultas Kedokteran tahun 2016. Baru aja sih lulus SMA hehehehe, alhamdullillah impian pertama terwujud. 
Awalnya nih aku berfikiran pengen masuk FK di Univ manapun dan aku nekat aja daftar pas SNMPTN kedokteran UNDIP sama UNEJ. SNMPTN emang ga bisa diprediksi, tergantung dari hoki masing-masing. yaaah walaupun aku masih berharap di SNMPTN. alhasil.... pas pengumuman SNMPTN ga lolos.. awalnya aja seih kecewa, tapi yaa gak usah berlarut-larut lah... nah disitu aku udah nyiapin bekal ilmu buat SBMPTN dan tes lainnya. aku nyobain ikut PMDK FK UHT dan ga lolos, terus nyoba lagi nih lewat jalur tes gelombang 1, kata orang sih gampang buat masuk UHT, nah disitu aku mulai ngeremehin nihh.. pas hari-H tes dan ternyata soal - soal nya udah diluar materi, bnyak sekali istilah - istilah baru. Waktu habis tes nih pulang istirahat sambil nunggu pengumuman nanti malam, aku masih berharap sih, yah cuman usahaku ngerjain soal tadi kurang maksimal, Pas jam 11 malam aku langsung mantengin website PMB UHT GEL.1 sambil berdoa terus dan seketika aku buka dan aku cari namaku ternyata ga ada, yaahh kecewa banget rasanya apalagi ortuku juga kecewa. Setelah kejadian itu aku langsung searching bimbingan belajar untuk tes kedokteran dan kebetulan aku nemuin bimbel di daerah Surabaya nama bimbel nya Smarta Medika, disitu dikatakan dijamin lolos tes kedokteran manapun dengan menggunakan sistem hampir seperti karantina. Kebetulan nih aku ngambil bimbel khusus ujian masuk UHT Gel.2 dan 3. selama 2 bulan aku stay disana dan ngekos di daerah rungkut Surabaya. Entah, tahun ajaran ini bener-bener jadi kelinci percobaan banget, mulai dari kurikulum baru, UN nya sistem online dan masih untung sih sekolahku ga jadi pakek sistem online, lah yang paling mirisnya lagi kuota SNMPTN diturunin yang awalnya 50% jadi 40% sungguh cobaan. Selama karantina dan lepas dari orang tua mulai ngerasa jadi hemat banget kehidupan ku sehari-hari, disana juga aku banyak teman-teman yang senasib kayak aku, dan jangan salah yang ikutan bimbel ternyata murid-muridnya dari luar kota dan luar pulau, ada nih yang dari Mataram, Batam, Papua, Kalimantan, Gresik, Kediri, dll. kocak banget mereka dan baik-baik pastinya. Selama 1 bulan awal aku murai serius buat ngedapetin fakultas kedokteran sambil menunggu tes SBMPTN, disitu aku terlalu percaya diri daftar SBMPTN di UNEJ & UNLAM, bodohnya juga milih kedokteran semua dan ga ada planning lain (jangan ditiru). Berhari-hari aku belajar dengan serius dan fokus karena aku inget modal buat bimbel ini mahal banget, pas hari-H tes aku berangkat ke Jember, waktu demi waktu aku ngerjain soal-soal nya, subhanallah sekali soal-soalnya.. sulit banget, bahkan aku hanya bisa ngerjain beberapa aja dan teledornya lagi kode naskah ga aku tulis. Aku langsung laporan ke panlok ujiannya yaah, gak tau direspon atau enggak aku hanya bisa berharap, karena udah jauh-jauh kesana. Semua peristiwa itu aku lupakan sejenak, aku harus persiapan tes UHT Gel.2 aku udah siapin mateng-mateng dan pas tes ternyata soal-soal dari bimbel banyak sekali yang sama hampir semuanya, aku optimis banget lolos di gelombang 2 kali ini. eehh, ternyata ga sesuai harapan pas pengumumannya, ternyata ga lolos lagi. Ya Allah cobaan banget yaaa, disitu aku hopeless banget, ortu pada kecewa banget sedihhh...
Mulai saat itu aku jadi pesimis untuk daftar UHT lagi, pas itu sambil lanjut les lagi aku mulai ikutan daftar jalur mandiri PTN dan PTS kedokteran. Aku daftar Mandiri UNEJ, Unsoed, UNLAM, UMM dan PMB UHT Gel.3. jeng jeng jeng... pengumuman SBMPTN tiba, awalnya aku ga brani liat karena udah terlalu sakit liat pengumuman ga lolos terus, aku sampai mikir sebegitu bodohnya diriku atau aku memang lagi ga hoki. ehh, pas liat pengumuman SBMPTN ternyata ga lolos. distu aku udah mulai terbiasa dengan melihat kata-kata GA LOLOS dan JANGAN MENYERAH. Lihat temen-temen udah pada ada yang keterima itu rasanya nyesek banget. Hari demi hari aku serius sekali buat belajar dan persiapam tes FK dimana - mana. Mandiri Jember lolos di farmasi nya dan aku sempet bimbang diambil apa enggak, tapi ortu juga ga ngebolehin, yah alhasil ga aku ambil farmasinya, Pengumuman Unsoed ga lolos, UMM juga ga lolos, hingga sampai ke banjarmasin UNLAM dan ini pengumumannya terakhir setelag UHT gel.3. setelah sekian bosannya ngeliat pengumuman yang isinya jangan menyerah semua, aku mulau frustasi dan hampir aja mulai pindah jurusan, aku berfikir apa emang jalanku bukan di kedokteran. Yah, aku harus tetep fokus FK setelah mengingat modal buat semua ini aja udah keluar banyak sekali, mulai dari pendaftaran, penginapannya, perjalanannya, bimbelnya. sampai-sampai temenku pada bilang "Perjuanganmu Ci, bakalan ada hasil percayalah, karena perjuangan udah banyak banget" Disitu aku mulai semangat pantang menyerah *eaaakk..
Hari demi hari tes FK UHT telah tiba, disana aku udah siap mental dan siap liat peserta yang makin banyak aja T-T, kebetulan tesnya aku barengan sama temenku yang dari Batam, dia nginep dirumahku dan belajar bareng-bareng, aku cuman berharap semoga kita diterima di UHT kali ini entah ketrima DI FK atau FKG aku udah bersyukur banget. Pas ngerjain tes yaahh, ternyata materi yang sama keluar cuman sedikit, alhamdulillah sih aku masih bisa ngerjain. Selesai tes aku dan temenku langsung ke tempat bimbel buat persiapan pembekalan tes psikotes dan wawancara sampek malem baru nyampek rumah langsung istirahat sambil nunggu pengumuman nanti malam. 
Malemnya pas jam 11 aku deg-deg an liat pengumuman di web. dan aku mulai nyari namaku, dan ternyata YA ALLAH ga nyangka banget ternyata aku LOLOS TAHAP AWAL GEL.3 FK UHT. Seneng banget dan aku mulai nyari nama temen aku, tapi dia ternyata ga lolos.. Aku kasian banget, karena kita juga sama-sama pejuang FK dan lebih mirisnya aku lolos tapi dia ga lolos dan dia nginep dirumahku betapa nyeseknya perasaan dia. disitu aku langsung tidur buat persiapan psikotes dan wawancara karena tes itumembutuhkan pikiran yang sangat jernih. Esoknya aku tanyain ketemenku, gimana nih, kamu dirumah aku sendiri brani ngga ? atau kamu ikut ke UHT juga ?
Aku tau sih pasti nyesek banget dia, nah akhirnya dia ikutan juga nganterin aku ke UHT bersama keluargaku juga. Tes psiko mulai jam 8-12 siang gila banget tes nya. tes psiko ya seperti biasa yang selalu diajarin di bimbel keluar semua mulai dari hafalan kata, numerik, verbal, gambar orang dan pohon, wartegg, kreaplin, EPPS. alhamdulillah semua udah berjalan lancar. pukul set 1 an istirahat makan dan sambil nungguin tes wawancara. Deg-deg an banget gimana nanti tesnyat. ternyata tesnya pakai sistem kelompok kayak diajakin debat gitu, 1 ruangan isinya 10 orang disitu pertama perkenalan lalu si penguji mulai bertanya mengapa kamu ingin jadi dokter. yah aku udah persiapkan jawabanku seperti Pertama, Orang Tua semakin lama semakin menua, dan diumur sekian pasti banyak penyakit komplikasi. Aku ingin mengurus beliau seperti mereka mengurus diriku hingga saat ini. Kedua, Aku ingin sekali menggali ilmu-ilmu tentang kedokteran ataupun kesehatan agar aku dapat menolong masyarakat sekitar yang membutuhkan terutama daerah pedalaman. Pertanyaan selanjutnya mulai ke inti nih, jadi si penguji memberikan kasus tentang apa pendapat kalian tentang euthanasia (suntik mati) kepada pasien yang penderita kanker stadium akhir dan pecandu narkoba yang ditembak mati (apakah si penembak merasa bersalah atau tidak ?) 
Deg, aku awalnya ga bisa jawab dan aku duluan mulai jawab pertanyaan si penguji karena emang pas aku ditunjuk duluan buat jawab. Aku jawab, pertama untuk kasus euthanasia kepada penderita narkoba, si penembak pasti ada rasa bersalah tetapi dia harus melakukan tugas tersebut yang diberikan oleh atasannya. kedua, euthanasia bagi penderita kanker akut, itu seharusnya tidak dianjurkann oleh si pasien karena kita sebagai dokter juga harus menemukan solusi lain selain euthanasia walaupun euthanasia merupakan jalan paling akhir. kita juga harus berundingan kepada keluarga pasien dan si pasien untuk jalan alternatif lain. karena biaya euthanasia juga tidak murah.
Terus si penguji bertanya lagi, bagaimana program BPJS saat ini ? yah, aku jawab program BPJS saat ini sudah bagus walaupun cara pengurusannya sangat rumit sekali. 
Dan sampai disitu wawancaranya kira-kira 30 menit an selesai. dan ga lupa di ruangan harus sopan dan santun minimal kita harus cium tangan si penguji sebelum meninggalkan ruang wawancara. 
Akhirnya aku pulan dan sempet mampir dulu ke Unusa buat nganterin temenku cari info tes FK UNUSA surabaya. semoga temenku menemukan jalan yang terbaik dan jangan nyerah. karena jalan menuju Roma masih banyak. sambil nungguin pengumuman berhari-hari aku hanya bisa berdoa dan pasrah dengan hasilnya. apapun hasilnya aku siap. kini hari pengumuman tiba dan aku masih belum buka internet. Belum buka pengumuman aku udah di chat duluan oleh tentor-tentor bimbelku dan temen-temen, dan isi chatnya semua bilang "CONGRATULATION CICI, SELAMAT UDAH DITERIMA DI KEDOKTERAN UHT. PERJUANGANMU GA SIA-SIA SELAMA INI" aku langsung kaget dan buru-buru buka website dan alhasil aku lolos. Ortuku dan kakakku langsung seneng banget dan alhamdulillah mimpi pertama terjuwujud, aku sampek ga nyangka liatnya. Besoknya pengumuman UNLAM aku masih berharap sih walaupun udah dapet UHT dan ternyata ga lolos UNLAM nya, mungkin jalanku emang di UHT kali ya, hehehhe *justkiddin. sampai disinilah pengalamanku mohon diambil hikmahnya aja ya Readers...

Ingat.. selalu fokus dan kejar terus impianmu, jangan nyerah, jangan down dan tetap semangat, dan juga carilah peluang masuk FK dimanapun dan tetep harus inget kepada orang tua kalian, apakah mereka mampu atau tidak dan jangan memaksakan harus kuliah FK kalau kalian ga usaha yaaa, karena masuk FK butuh perjuangan yang sangat besar dan modal. selalu ingat kata-kata ini... Sekolah jangan kejar nilainya tapi kejarlah ilmunya, nanti nilai yang akan mengimbangi. 

Thank you.. semoga bermanfaat!

Komentar

  1. Halo! Terharu baca cerita kamu, emang bener ya masuk fk itu perjuangan banget!!
    Btw, boleh minta contact? Mau nanya-nanya tentang bimbel smartamedika:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo...
      Terima Kasih yaa, hehehehe...
      kalau mau info-info tentang bimbel smarta medika add line saya aja aya, ID: rizkylianurlinaa ... semoga membantu ;)

      Hapus
  2. Aduh ci terharu ������

    BalasHapus
  3. Aduh ci terharu ������

    BalasHapus
  4. Aku baca mulai awal lg dr curhatanku, aku jd terharu sisan :") miris e aku biyen :")

    BalasHapus
  5. Aibmu ndek sbm yo mbok tulis nak tambah terharus + miriss aku nak :'\

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adegan tersebut jangan ditiru saat ujian wkkwkwkwk

      Hapus
  6. Kak bisa nanya ttg smarta medika ga? Nih email aku syifasalsabilam@gmail.com

    BalasHapus
  7. perjuangannya emang top banget. ternyata kegagalanku di sbmptn belum ada apa2nya dibanding cerita ini. ganbatte!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN PRAKTIKUM KIMIA SEL ELEKTROLISIS CuSO4, Na2SO4, KI

Laporan praktikum Fisika Hubungan antara cepat rambat gelombang dengan tegangan tali

LAPORAN PRAKTIKUM BIOLOGI PENGAMATAN KONTRAKSI PADA OTOT KATAK